Ajang Hibah PPK Ormawa dari DIKTI: Selamat HIMAHI Menang

Pada tahun 2024 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek) memberi kesempatan kepada organisasi mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia untuk mengusulkan proposal Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa). Agenda PPK Ormawa diharapkan dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas Ormawa sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi dan bekerja sama (team work).

PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Agenda kompetisi ini dilakukan sebagai wujud upaya Dirjen Dikti dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkarakter unggul, budaya akademik, kolaboratif dan kompetitif.

Agenda PPK Ormawa ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas Ormawa agar mampu menjadi Organisasi Kemahasiswaan yang kompeten, modern, berkarakter dan cinta tanah air. Jadi, dalam agenda ini, berbagai tim yang diinisiasi dari organisasi kemahasiswaan dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dapat turut serta.

Dalam kerangka agenda tersebut, kabar gembira datang dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (HIMAHI) yang berhasil memenangkan Hibah atau lolos pendanaan pada ajang PPK Ormawa di tahun 2024 ini. Setelah melewati serangkaian proses dan seleksi panjang, pada 21 Mei 2024 yang lalu, HIMAHI mendapatkan kabar bahwa proposal PPK Ormawa yang mereka rancang, diterima untuk didanai.

Pada agenda ini, Tim dari HIMAHI yang dalam penulisan proposal ini diketuai oleh Dinda Kurnia, menyusun proposal yang bertajuk “Menggerakkan Potensi Ekonomi Desa untuk Menciptakan Rumah UMKM Inklusif Desa Jatiwarno, Kabupaten Karanganyar: Menuju Gerakan Desa Mandiri dan Sejahtera”.

Tentu saja, ini merupakan berita yang menggembirakan bagi Universitas Slamet Riyadi. Melalui pencapaian ini, UNISRI menunjukkan bahwa para ormawa yang ada di lingkungan UNISRI memang berkualitas. Selanjutnya, tim pemenang hibah diharapkan dapat melaksanakan Amanah hibah ini dengan sebaik mungkin, hingga lancar sampai tiba saatnya laporan akhir dan monitoring serta evaluasi.

Selamat untuk Tim HIMAHI yang menang.

Kalian luar biasa.

© Hubungan Internasional UNISRI