Himakom UNISRI Adakan Lomba Film Pendek Tingkat Nasional 2024

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta, kembali menyelenggarakan kegiatan F2TUS (From Us For Us To Us) yang mengangkat tema “Bloom or Doom”. Lomba film pendek tingkat nasional merupakan inti dari acara F2TUS 2024 lalu dilanjut dengan screening film dan pengumuman pemenang pada acara puncak F2TUS yaitu “Awarding Night” yang dilaksanakan di CGV Transmart Solo Pabelan, Sabtu (15/06/2024).

F2TUS 2024 mengangkat isu burnout, quarter life crisis yang dimana hal tersebut pasti sedang dialami oleh semua kalangan anak muda pada saat ini. “Saya yakin semua pasti pernah mengalami hal tersebut, tapi jangan jadikan burnout sebagai hal yang paling menyedihkan dalam hidup kita” ujar Billa, Ketua Pelaksana F2TUS 2024. Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai daerah, yang turut mengirimkan karya filmnya untuk diperlombakan dalam acara  F2TUS 2024.

“F2TUS merupakan salah satu kegiatan unggulan dari HIMAKOM maka saya berharap ini dapat menjadi ciri khusus bagi prodi ilmu komunikasi unisri, sehingga ini dapat menunjukan bahwa mahasiswa dari prodi ilmu komunikasi dapat memiliki kompetensi di bidang perfilman. Saya sangat mengapresiasi kegiatan F2TUS, karena acara ini berskala nasional sehingga dapat mendukung akreditasi kita” ungkap Dr. Joko Pramono, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama.

Ada 3 film yang ditayangkan pada malam puncak F2TUS 2024, ketiga film tersebut merupakan karya film terbaik yang telah dipilih oleh Mizam Fadilah Ananda dari Visinema Picture selaku juri dari dari kegiatan tersebut. Pada tahun ini F2TUS 2024  bekerja sama dengan CGV Transmart untuk melakukan screening film. “Luar biasa ini sudah kesekian kalinya HIMAKOM melaksanakan kegiatan F2TUS yang diselenggarakan secara nasional, dan tahun ini kualitasnya meningkat, maka kedepannya target dari prodi ilmu komunikasi yaitu film pendek ini akan menjadi ikon dari prodi ilmu komunikasi unisri, semoga bisa tercapai atas kerjasama kita semua” ungkap Drs. Buddy Riyanto, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Dengan diadakannya kegiatan F2TUS diharapkan kedepannya kita semua dapat melahirkan banyak karya yang luar biasa serta menciptakan anak muda yang kreatif terutama dalam industri film. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pihak yang turut terlibat serta menjadi inspirasi dan motivasi bagi banyak orang untuk terus berkarya dan berprestasi.

© Ilmu Komunikasi Internasional UNISRI