Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADI) Gelar Pemilihan Ketua Umum 2024-2025

Proses pemilihan ketua himpunan mahasiswa AN (HIMADI) biasanya diatur dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga organisasi tersebut. Umumnya, proses ini melibatkan seluruh anggota himpunan yang memiliki hak suara.

Tahapan dalam pemilihan ketua himpunan mahasiswa ilmu administrasi negara antara lain Pembentukan panitia pemilihan yang netral dan independen. Selanjutnya pendaftaran dan verifikasi calon kandidat. Kampanye terbuka untuk memperkenalkan visi, misi, dan program kerja masing-masing kandidat.

Dilanjutkan pemungutan suara secara rahasia oleh seluruh anggota himpunan. Kemudian perhitungan suara dan pengumuman pemenang. Terahir adalah pelantikan ketua terpilih. Proses ini diharapkan berjalan secara demokratis, transparan, dan adil agar dapat menghasilkan kepemimpinan yang kredibel dan dapat diterima oleh seluruh anggota himpunan.

Tujuan utama dari pemilihan ketua himpunan mahasiswa ilmu aministrasi negara yaitu untuk Memilih pemimpin yang legitimat dan dapat diterima oleh seluruh anggota organisasi. Proses pemilihan yang demokratis dan transparan akan menghasilkan pemimpin yang dipercaya dan diakui oleh anggota. Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi. Pemilihan secara berkala akan memastikan regenerasi kepemimpinan dan keberlanjutan organisasi.

Mengakomodasi aspirasi dan keterlibatan anggota. Anggota memiliki kesempatan untuk berpartisipasi memilih pemimpinnya. Mendorong kepemimpinan yang visioner dan berorientasi pada kemajuan organisasi. Melalui proses kampanye, calon dapat memaparkan visi, misi, dan program kerja yang inovatif. Mendukung proses pembelajaran dan pengembangan karakter mahasiswa.

Keterlibatan mahasiswa dalam proses pemilihan merupakan bagian dari pendidikan dan pengalaman berorganisasi. Menjaga stabilitas dan keberlangsungan organisasi. Pergantian kepemimpinan yang teratur akan mencegah potensi konflik internal. Secara umum, tujuan akhirnya adalah menghasilkan kepemimpinan yang kompeten, amanah, dan dapat membawa kemajuan bagi organisasi mahasiswa.

© Ilmu Administrasi Negara Internasional UNISRI