Kegiatan Mahasiswa HI Unisri Terjun dalam Berbagai Skema MBKM Menyambut Kurikulum Merdeka

Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang populer dikenal sebagai MBKM masih menjadi berita hangat di dunia pendidikan tinggi. Meskipun agenda ini sudah berlangsung sekitar tiga tahun, tapi proses pelaksanaan di berbagai perguruan tinggi masih terus mengalami penyesuaian. Agenda demi agenda dirancang, MoU sebagai landasan kegiatan MBKM pun masih terus dikembangkan. Hal ini pun juga berlaku di Prodi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Prodi Ilmu Hubungan Internasional telah berhasil mengembangkan kurikulum merdeka di tahun 2023 ini guna merespon hadirnya peraturan peraturan baru dari pemerintah, salah satunya tentang penyusunan kurikulum, konversi SKS dan kegiatan lain dalam rangka menyukseskan MBKM. Menyambut selesainya kurikulum MBKM di Prodi HI Unisri.

Dalam semester gasal tahun 2023 / 2024 ini, Prodi HI Unisri telah memberangkatkan setidaknya 24 mahasiswa untuk mengikuti berbagai agenda MBKM, yang terdiri dari 1 mahasiswa MBKM MSIB, 2 MBKM Riset, 2 MBKM Kewirausahaan, 3 MBKM Bela Negara, 3 MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan 13 MBKM magang. Berbagai kegiatan MBKM ini dilaksanakan di daerah daerah yang beragam.

Misalnya, agenda Pertukaran Mahasiswa Merdeka dilaksanakan di Universitas Internasional Batam, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan Universitas Hasanuddin Makassar. Sementara agenda MSIN dilaksanakan di PT Coca Cola Company. Berbagai agenda ini dimulai pada semester gasal 2023/ 2024, tepatnya mulai bulan Agustus 2023 dan aka berakhir pada bulan Januari 2024.

Keikutsertaan mahasiswa Prodi HI Unisri dalam berbagai skema MBKM ini menunjukkan bahwa Prodi HI Unisri telah ikut menyukseskan kegiatan Kampus Merdeka. Selain itu, mahasiswa pun banyak yang antusias mengikuti ragam kegiatan MBKM ini karena bisa mendapatkan banyak manfaat, wawasan dan pengalaman baru.

© Hubungan Internasional UNISRI