Prodi Komunikasi

Program studi Komunikasi didirikan berdasarkan SK Nomor 0309/0/1981 Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, tanggal 24 Oktober 1981.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang berkualitas yang mampu menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan di bidang industri komunikasi.

Misi

  1. Mengembangkan proses pembelajaran ilmu komunikasi dengan penekanan pada pembentukan jiwa kewirausahaan dibidang Jurnalistik, kehumasan, kepenyiaran, dan periklanan.
  2. Mengembangkan ilmu komunikasi melalui kegiatan penelitian dasar maupun penelitian terapan.
  3. Menyebarluaskan ketrampilan ilmu komunikasi terapan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Membekali  mahasiswa agar memahami perangkat konseptual, perangkat analisis dan pendekatan praktis terhadap ilmu komunikasi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bekerja secara profesional di bidang ilmu komunikasi dan komunikasi terapan terutama jurnalistik, kehumasan, kepenyiaran, dan periklanan.
  2. Membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan memecahkan masalah  dan mengembangkan teknik manajerial industri komunikasi yang diperlukan bagi pengembangan jiwa kewirausahaandi bidang komunikasi terapan.
  3. Membekali mahasiswa agar memiliki kreatifitas tinggi melalui proses pembelajaran di laboratorium dan kuliah magang  di institusi industri komunikasi.

Sasaran dan Tujuan

Program Studi Ilmu Komunikasi  Universitas Slamet Riyadi diselenggarakan dengan sasaran menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Peka terhadap permasalahan ilmu komunikasi di masyarakat dengan tetap berpegang pada nilai – nilai etika profesi.
  2. Memiliki integritas dan komitmen yang tinggi terhadap profesi yang ditekuni.
  3. Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu, ketrampilan dan seni komunikasi untuk mendukung keberhasilan kegiatan dan pekerjaan pada profesinya yang menjadi pilihannya.
  4. Memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan di bidang komunikasi sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masalah ketenagakerjaan dalam masyarakat.

Strategi Pencapaian :

  1. Berpijak dari faktor faktor pendukung yang dimiliki dalam proses pembelajaran serta  peluang yang bisa dimanfaatkan secara optimal dari stakeholder, PS Ilmu Komunikasi telah menjalin kerjasama dengan dengan beberapa institusi terkait terutama lembaga industri komunikasi seperti ASA Studio, PTPN, Harian Joglosemar, TATV dan lain lain.  Untuk perencanaan ke depan PS Ilmu Komunikasi UNISRI  akan networking yang lebih luas terutama dengan industri komunikasi di luar jawa. Networking juga sudah dirintis dengan beberapa institusi pendidikan penyelenggara program Ilmu komunikasi yang berkualifikasi unggulan seperti UNS dan UI. Secara periodik PS Ilmu Komunikasi UNISRI berupaya meningkatkan kemampuan manajerial internal dengan melibatkan stakeholder secara profesional.
  2. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk studi lanjut ke program S3 dengan memanfaatkan sumber anggaran beasiswa dari Yayasan UNISRI(memberi stimulan beaya), Dikti, dan BPPS serta sumber donatur lainnya yang memungkinkan.
  3. Meningkatkan suasana akademik dengan memperbanyak aktivitas seminar nasional yang melibatkan dosen, mahasiswa dan stakeholder yang lain. Secara rutin mengevaluasi managerial program studi dengan melibatkan stakeholder dengan orientasi peningkatan kualitas output yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pemakai produk program studi ilmu komunikasi.
  4. Mengembangkan Laboratorium komunikasi, laboratorium multi media sebagai sarana pembelajaran dan aktifitas penunjang perkuliahan serta mengoptimalkan peran dosen tamu yang berasal dari praktisi bidang komunikasi.

Struktur Organisasi

Ketua Program Studi: Dra. Nurnawati Hindra, M.Si

Sekretaris Program Studi: Haryo Kusumo Aji, S.I.Kom, M.I.Kom

Kepala Laboratorium: Fanny Hendro Aryo Putro, S.Sos., M.I.Kom

Dosen dan Aktivitas Dosen

Dr. Dian Esti Nurati, M.Si

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu komunikasi (UNS)
  2. S2 – Ilmu Komunikasi (UNS)
  3. S3 – DIA (UNTAG)

Aktivitas:

  1. Seminar Perkembangan Kerjasama ASEAN dan Pembentukan Masyarakat ASEAN 2015. (14 Maret 2007)
  2. Semiloka Peran Lembaga Profesi Dalam Meningkatkan Akses Komunikasi Dan Desiminasi Informasi Melalui Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi. (26 – 28 Agustus 2008)
  3. Seminar Nasional Meningkatkan Daya Saing Intrepenuer Indonesia memasuki   ACFTA. (22 Mei 2010)
  4. Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Guru. (25 Mei 2010)
  5. Seminar Nasional Pendidikan Lingkungan Hidup. (9 Juni 2010)
  6. Seminar Nasional Pelaksanaan dan Format Kerjasama Luar Negeri. (25 Mei 2010)

Dra. Nurnawati Hindra, M.Si

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu komunikasi (UNS)
  2. S2 – Ilmu Komunikasi (UNS)

Aktivitas:

  1. Hubungan Hukum Internasional Dengan Perjanjian Internasional (Deplu dengan Unisri). (8 Februari 2007)
  2. Kebebasan memperoleh informasi Publik untuk membangun negara hukum yang demokratis menuju negara kesejahteraan dalam NKRI (Monumen Pers & Depkominfo). (1 Maret 2007)
  3. Narkoba tinjauan secara hukum, psikologis dan pendidikan (PSW Unisri). (6 September 2007)
  4. Implementasi, Reformasi Birokrasi di Indonesia (Institue of City Development). (18 Desember 2007)
  5. Netralitas media dan strategi pencitraan Calon Gubernur (Prodi Kom & Program Paska UNS). (5 April 2008)
  6. Strategi menjadi Calon Legislatif Perempuan yang berkwalitas (PSW Unisri). (22 Nopember 2008)
  7. Metode Deteksi dini pangan & jajan berbahaya (Fak. Tek. Pagan). (18 Februari 2008)
  8. Metodologi analisis Gender (Stain Sukoharjo). (19 Agustus 2009)
  9. Dilematik Pekerja  Sek Komersial di Surakarta (Solo Pos dengan Bapernas). (20 Agustus 2009)
  10. Strategi Pembangunan Daerah berbasis sitim inovasi (Bapeda Surakarta).
  11. Pengarusutamaan Gender & Bidang Pendidikan di Dispora Surakarta.
  12. Workshop “Pemahaman Naskah akademik perlindungan anak kota Surakarta. (22 Desember 2009)
  13. Workshop tentang kajian Gender & Lingkungan hidup. (11 -12 Desember 2009)
  14. Workshop tentang naskah perlindungan anak. (14 – 28 Januari 2010)
  15. Workshop tentang naskah perlindungan anak. (15 – 10 Maret 2010)

Dra. Maya Sekarwangi, M.Si

Pendidikan:

  1. S1 – Sosiatri (UGM)
  2. S2 – Sosiologi (UGM)

Aktivitas:

  1. Seminar Nasional Pembangunan Menuju Millenium Development Goals Yang Adil dan Setara. (2005)
  2. Seminar Strategi KomunikasiCalon Kepala Daerah Menghadapi Pilkasi. (2005)
  3. Seminar Nasional Pemukiman DAS Problema dan Penanganannya. (2005)
  4. Seminar Nasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak. (2006)
  5. Seminar Nasional Manajemen Opini Publik (Dalam Rangka Meningkatkan Peran dan Fungsi DPRD). (2006)
  6. Seminar Hubungan Hukum Nasional dengan Perjanjian Internasional. (2007)
  7. Saresehan Kebebasan Memperoleh Informasi Publik Untuk Membangun Negara Hukum yang Demokratis Menuju Negara Kesejahteraan Dalam NKRI. (2007)
  8. Seminar Diplomasi Total: Peluang Bagi nPemda dan Swasta dalam Mengembangkan Potensi Hubungan Luar Negeri. (2007)
  9. Seminar Penanganan Masalah Narkoba Tinjauan secara Hukum, Psikologi dan Pendidikan. (2007)
  10. Seminar dan Lokakarya Hak untuk memperoleh Pangan aman dan Sehat. (2007)
  11. Pelatihan Kepemimpinan Organisasi Pokdarwis Kota Surakarta. (2008)
  12. Seminar Nasional Membangun Kesadaran Masyarakat Menuju Pangan Yang Aman dan Halal. (2008)
  13. Capacity Building Kader Lingkungan Hidup se Jawa Tengah. (2008)

Drs. Buddy Riyanto, M.Si

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu Komunikasi (UNS)
  2. S2 – Ilmu Komunikasi (UNS)

Aktivitas:

  1. Kongres Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi ” Membumikan Eksistensi Ilmu Komunikasi, Menjawab Tantangan Global “. (5 – 6 Juni 2008)
  2. Seminar Nasional “Radio Today : Evolusi Teknologi Industri Radio”. (2 Agustus 2008)
  3. SEMILOKA ‘Peran Lembaga Profesi Dalam Meningkatkan Akses Komunikasi dan Deseminasi Melalui Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi”. (26 – 29 Agustus 2008)
  4. Seminar “Teknik Berkomunikasi”. (2 Mei 2009)
  5. Seminar Internasional “Social Integration In Plural Society In Global Era”. (20 Mei 2009)
  6. Seminar Internasional “Social Integration In Plural Society In Global Era”. (20 Mei 2009)

Dr. Herning Suryo Sarjono, M.Si

Pendidikan:

  1. S1 – (UNISRI)
  2. S2 – Ilmu komunikasi (UNS)
  3. S3 – Ilmu Politik

Aktivitas:

  1. Seminar Nasional system Pelaksanaan & Format Kerjasama Luar Negeri oleh PEMDA. (25 Mei 2010)
  2. Seminar nasional, Hubungan Indonesia – Belanda Persepsi Islam di Negeri Belanda. (25 Juni 2010)
  3. Regionalisme Dalam Perspektif Indonesia. (21 Oktober 2010)
  4. Peran Indonesia Dalam Proses Perdamaian Filipina Selatan. (24 November 2010)

Drs. Siswanta, M.Si

Pendidikan:

  1. S1 Komunikasi
  2. S2 Studi Pembangunan

Aktivitas:

  1. Seminar Strategi KomunikasiCalon Kepala Daerah Menghadapi Pilkasi. (2005)
  2. Saresehan Kebebasan Memperoleh Informasi Publik Untuk Membangun Negara Hukum yang Demokratis Menuju Negara Kesejahteraan Dalam NKRI. (2007)
  3. Pelatihan Metodologi Penelitian Kualitatif. (2007)
  4. Pelatihan Ketrampilan Instruksional KBK, P3Ai. (2008)
  5. TOT Entrepreneurship,Dikti dan Universitas Ciputra. (2009)
  6. TOT E-Learning, Kopertis  Wil VI Jateng. (2009)
  7. Workshop Pengintegrasian Kurikulum Kewirausahaan. (2010)
  8. Studium General, Penyempurnaan Kebijakan Otda. (2010)
  9. Short Course Bahasa Inggris Bagi Dosen Unisri. (2010)
  10. Gelar Citra Pendidikan Surakarta. (2010)

Drs. Agus Supriyadi, M.Si

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu Komunikasi (UNISRI)
  2. S2 – Ilmu Komunikasi (UNPAD)

Aktivitas:

  1. Pelatihan Penyusunan Silabus/RPKPS  dan RPP. (26 – 27 Mei 2008)
  2. Pelatihan Model-Model dan Evaluasi Pembelajaran SCL. (26 – 27 Juli 2008)
  3. Pelatihan Ketrampilan Instruksional KBK. (11 – 15 November 2008)
  4. Seminar Peluang Pengembangan Potensi Daerah Melalui Komunitas ASEAN 2015. (20 Agustus 2009)
  5. Pelatihan  Metodologi Penelitian Tingkat Lanjut & Calon Reviewer Bagi Dosen Kopertis Wilayah VI. (3 – 6 Maret 2009)

Haryo Kusumo Aji, S.I.Kom, M.I.Kom

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu Komunikasi (UNS)
  2. S2 –  Ilmu Komunikasi (UNS)

Aktivitas:

Fanny Hendro Aryo Putro, S.Sos., M.I.Kom

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu Komunikasi (UNISRI)
  2. S2 –  Ilmu Komunikasi (UNS)

Aktivitas:

Andri Astuti Itasari, S.Sos., M.I.Kom

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu Komunikasi (UPN Yogyakarta)
  2. S2 –  Ilmu Komunikasi (UNS)

Aktivitas:

Irawan Wibisono, S.I.Kom., M.I.Kom

Pendidikan:

  1. S1 – Ilmu Komunikasi (UNISRI)
  2. S2 –  Ilmu Komunikasi (UNS)

Aktivitas:

Profil Lulusan

  • Pelaksana Program Komunikasi: memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk merealisasikan sebuah program komunikasi, yang meliputi tahap: perencanaan, implementasi, evaluasi kegiatan, dan pelaporan.
  • Pengembang Media: memiliki kemampuan untuk menuangkan/menyampaikan dan menerjemahkan gagasan ke dalam berbagai format media, yang meliputi: perancangan pesan, proses produksi, dan publikasi.
  • Pelaksana Penelitian Komunikasi: memeliki pengetahuan dan ketrampilan untuk melakukan penelitian masalah komunikasi dengan berbagai metode penelitian, yang meliputi tahap perencanaan penelitian, pengumpulan data, analisis data, penyusunan laporan, dan mempublikasikan hasilnya.

Capaian Pembelajaran

Rumusan Sikap:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Ketrampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tingg;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagias

Pengetahuan Khusus:

  1. Memahami konsep/teori komunikasi dalam berbagai level (interpersonal, kelompok, organisasi, massa) dan berbagai konteks komunikasi.
  2. Memahami konsep/prinsip yang terkait dengan etika komunikasi dan peraturan perundangan yang berlaku untuk bidang komunikasi/media.
  3. Memahami konsep, prinsip dan prosedur penelitian tentang isu/masalah komunikasi dengan berbagai metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya.
  4. Memahami konsep, prinsip, dan pengetahuan tentang proses dalam suatu aktivitas produksi media.
  5. Memahami konsep, prinsip, dan pengetahuan untuk melaksanakan suatu program komunikasi untuk berbagai tujuan komunikasi.
  6. Memahami konsep/pengetahuan mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

Ketrampilan Khusus:

  1. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis isu/masalah komunikasi berdasarkan konsep/teori teori komunikasi yang relevan.
  2. Mampu melakukan aktivitas penelitian dengan berbagai metode mengenai isu/masalah komunikasi, yang meliputi tahap: penyusunan rencana penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan serta publikasi laporan hasil penelitian.
  3. Mampu melakukan aktivitas produksi media, yang meliputi: perencanaan, pengumpulan materi/bahan, produksi isi, dan penyebarluasan isi, dengan mengacu kepada etika, kode etik profesi, dan peraturan perundangan yang relevan.
  4. Mampu menyelenggarakan program komunikasi yang mencakup tahap perencanaan, implementasi, evaluasi, dan menyusun laporannya untuk mencapai tujuan dalam berbagai bidang.