Pelatihan Website khusus HIMAHI Unisri, Mendorong Mahasiswa Melek Digital

Era digital menuntut semua orang untuk lebih melek digital. Apalagi, bagi para kaum pelajar/ mahasiswa, memang seyogyanya jauh lebih memahami dunia teknologi digital yang praktis digunakan untuk mendukung kinerja secara umum. Salah satu kemampuan tambahan yang penting dimiliki adalah kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan website. Website menjadi alternatif media penting yang mampu mendukung promosi dan portofolio mahasiswa maupun organisasi. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Unisri menyelenggarakan kegiatan pelatihan website HIMAHI 2023/2024.

Secara khusus, agenda ini diselenggarakan oleh Divisi penelitian dan pengembangan (LITBANG) dan Divisi Media dan komunikasi (MEDKOM) HIMAHI. Agenda ini dirancang dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa melek digital khususnya website, membangun sosial media untuk publikasi kegiatan organisasi (HIMAHI), serta sebagai wadah mahasiswa HI untuk meningkatkan hard skill. Sehubungan dengan kegiatan tersebut, acara diselenggarakan secara terbatas untuk tim pengelola website HIMAHI berjumlah lima orang, agar pelatihan dapat lebih optimal.
Ada banyak manfaat yang dicapai melalui pelatihan tersebut, seperti mahasiswa dapat mengetahui istilah-istilah atau bahasa yang digunakan dalam perangkat/ tools website. Mahasiswa juga dapat memahami penggunaan tools di dalam website. Yang terpenting, mahasiswa dapat mengaplikasikan dalam sebuah project seperti membuat artikel yang baik. Berbagai kapabilitas ini dapat mendukung HIMAHI dalam mewadahi kebutuhan promosi dan portofolio organisasi.

Pengisi pelatihan website tersebut berasal dari dosen internal Prodi Ilmu Hubungan Internasional yang telah lama berkecimpung sebagai praktisi di bidang website, yakni Bapak Andika Drajat Murdani, M.A. Berhubung materi yang banyak, maka pelaksanaan pelatihan ini tidak selesai dalam satu tatap muka. Pelatihan website HIMAHI dilaksanakan secara berkala dan telah dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, serta masih berlangsung beberapa kali pertemuan berikutnya, setiap hari Jum’at. Pertemuan perdana dilaksanakan pada hari Jum’at, 3 November 2023 dan masih berlangsung di pekan pekan berikutnya. Antusiasme mahasiswa dalam agenda pelatihan website ini diharapkan dapat berdampak positif bagi pengembangan HIMAHI.

© Hubungan Internasional UNISRI