Pengalaman Magang Mahasiswa HI di Badan Kesbangpol Kabupaten Karanganyar

Pengalaman Magang Mahasiswa HI di Badan Kesbangpol Kabupaten Karanganyar

Kegiatan magang adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi Ilmu Hubungan Internasional. Dalam menjalankan magang, para mahasiswa dapat memilih berbagai instansi, dunia usaha maupun dunia industri sebagai lokasi magang, tentu dengan menyesuaikan bidang keilmuan dan fokus studinya. Salah satu lokasi magang yang menarik untuk dijadikan sebagai tempat menimba ilmu mahasiswa magang adalah di Badan Kesbangpol atau Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Pada periode magang Semester Gasal tahun 2023/ 2024 ini, beberapa mahasiswa HI UNISRI melakukan kegiatan magang di Badan Kesbangpol Karanganyar. Bakesbangpol Karanganyar mewadahi politik dalam negeri, serta juga mewadahi dalam edukasi bidang sosial budaya. selain itu, memiliki bidang kewaspadan yaitu mengawasi mengenai potensi menimbulkan polemik dalam masyarakat.
Salah satu mahasiswa yang magang di instansi ini, Syahirul Alim, menyatakan bahwa “Perolehan yang kami dapat khususnya ada di dalam bidang politik dalam negeri, disitu kami sering safari luar daerah untuk bertemu para stakeholder dijawa tengah maupun pusat dalam agenda-agenda pemerintahan.”

Pengalaman magang tersebut memberikan hal positif yang sangat berharga terkait pengembangan keilmuannya. Kaitannya dengan HI secara umum dari lokasi magang adalah hubungannya yang intens dengan politik, sehingga menuntut diri para mahasiswa untuk peka terhadap isu politik dan secara khusus berhubungan dengan pihak intelkam dalam mengurusi imigran daerah Karanganyar.

Ia menambahkan, bahwa “Magang di Bakesbabgpol Karanganyar seru dan banyak yang bisa dipelajari tergantung inisiatif dari diri kita dalam bidang Ideologi, Politik Sosial Budaya dan Keamanan Daerah. Kalau untuk terkhusus linear HI ada dalam bidang keamanan dan kewaspadaan tetapi memang kurang intens, perlu inisiatif dan keterlibatan yang lebih.: Ujar Syahirul Alim.

© Hubungan Internasional UNISRI