Prodi AN Selenggarakan Kuliah Kunjungan Institusi di Berbagai instansi

Kuliah kunjungan institusi atau yang sering di sebut dengan KKI adalah kegiatan di mana sekelompok mahasiswa atau peserta kuliah mengunjungi suatu institusi atau organisasi untuk mendapatkan wawasan langsung tentang operasional, kegiatan, dan budaya kerja di dalamnya. Pada tanggal 22 Januari 2024 Prodi AN Fisip Unisri melakukan KKI, Kegiatan ini biasanya dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada peserta kuliah dan membantu mereka mengaitkan teori yang dipelajari di kelas dengan aplikasinya dalam dunia nyata. KKI ini di lakukan di beberapa tempat diantaranya lembaga negara, Universitas,

Tujuan dari kuliah kunjungan institusi bagi mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi negara adalah untuk Mendapatkan Wawasan Praktisartinya Peserta kuliah dapat melihat dan merasakan langsung bagaimana suatu institusi atau organisasi beroperasi dalam kehidupan sehari-hari. Mengamati Proses Kerja, Melalui kunjungan, peserta kuliah dapat mengamati proses-proses kerja yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari institusi tersebut. Memahami Budaya Organisasi, Kunjungan dapat membantu peserta kuliah memahami budaya dan nilai-nilai yang diterapkan dalam institusi tersebut. Mendapatkan Informasi dari Praktisi Lapangan, Peserta kuliah dapat berinteraksi langsung dengan praktisi lapangan, seperti karyawan atau pimpinan institusi, untuk mendapatkan wawasan dan nasihat dari pengalaman mereka. Membangun Jaringan, Kesempatan untuk berinteraksi dengan praktisi lapangan dan staf institusi dapat membantu peserta kuliah membangun jaringan profesional yang berharga. Mengembangkan Keterampilan Praktis, Kunjungan institusi juga dapat memberikan kesempatan bagi peserta kuliah untuk mengembangkan keterampilan praktis yang mungkin sulit dipelajari melalui teori semata.

Sebelum melakukan kunjungan institusi, perlu dilakukan persiapan dengan merencanakan agenda, mendapatkan izin dari institusi yang dikunjungi, dan memastikan bahwa peserta kuliah memahami tujuan dari kunjungan tersebut. Selain itu, setelah kunjungan dilakukan, penting untuk melakukan refleksi dan membahas pengalaman bersama untuk memaksimalkan manfaat dari kegiatan tersebut. Kegiatan Ini di ikuti oleh Mahasiswa dan Dosen Prodi AN. Pengalaman yang sangat berharga ini sangat bermanfaaat untuk menumbuhkan jiwa enterprenership .

© Ilmu Administrasi Negara Internasional UNISRI