Prodi HI Unisri Memulai Program Kelas Bahasa Asing Non Inggris, Mendukung Kompetensi Mahasiswa Plus

Prodi HI Unisri Memulai Program Kelas Bahasa Asing Non Inggris, Mendukung Kompetensi Mahasiswa Plus

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, kompetensi global merupakan hal penting. Dunia telah banyak terintegrasi dalam berbagai lini. Interaksi masyarakat global pun semakin intens tanpa harus banyak terkendala jarak dan waktu. Dengan bekal wawasan dan kompetensi global yang memadai, tentu saja kita akan lebih mampu bersaing dan mengambil peluang yang terbaik.

Dalam rangka mendukung kompetensi mahasiswa plus dengan daya saing global tersebutlah, Program studi Ilmu Hubungan Internasional merancang agenda pelatihan bahasa asing. Selain bahasa Inggris yang memang menjadi kompetensi tambahan wajib dari Universitas, secara khusus Prodi HI membekali pelatihan bahasa Jepang, Korea dan Mandarin.

Ketiga bahasa ini dinilai mampu mendukung peningkatan wawasan dan kompetensi sebagai mahasiswa plus, sehingga ketika lulus mahasiswa memiliki peluang lebih besar dalam bersaing di dunia kerja/ dunia industri.

Pelatihan bahasa asing non Inggris ini diselenggarakan atas kerja sama Prodi HI Unisri dengan LPK Bina Insan Madani. LPK mendukung kegiatan ini dengan mengirimkan pengajar bahasa asing terbaik mereka untuk secara langsung mengajari para mahasiswa. Pengajar yang ditugaskan telah memiliki kompetensi memadai dan bahkan sudah pernah secara langsung belajar bahasa di negara asal bahasa tersebut.

Kelas bahasa ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester lima, kecuali beberapa mahasiswa yang masih mengikuti agenda MBKM atau kendala lain. Mereka dapat mengikuti kelas pelatihan bahasa tanpa dipungut biaya kursus bahasa tersendiri, karena kegiatan pelatihan sudah termasuk dalam kegiatan laboratorium Prodi HI. Jadi, mahasiswa berhak menempuh satu pilihan bahasa yang diminati. Penyelenggaraan pelatihan bahasa dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, mulai bulan November 2023 hingga Januari 2024, dengan jumlah pertemuan dua kali per pekan.

Di akhir pelatihan, para peserta akan mengikuti tes kompetensi untuk mendapatkan sertifikat pelatihan bahasa, sesuai pilihannya. Dengan kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa mampu menambah daftar kegiatan positif mereka, sehingga lulusan Prodi HI Unisri nantinya dapat lebih siap untuk bersaing di dunia global.

© Hubungan Internasional UNISRI