PROGRAM MAGANG & STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT (MSIB) BAGI MAHASISWA TAHUN 2024

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program persiapan karier yang komprehensif dan memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi. Program Magang Semesta Indonesia (MSIB) adalah salah satu program yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 2022. Tujuan Program MSIB adalah memberikan kesempatan magang kerja bagi mahasiswa dan lulusan baru di berbagai perusahaan, lembaga, dan institusi pemerintah, Meningkatkan keterampilan, pengalaman, dan kompetensi angkatan kerja muda Indonesia, Mempersiapkan talenta-talenta muda Indonesia untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Sasaran Peserta dari program maganag MSIB yaitu mahasiswa aktif dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, Lulusan baru perguruan tinggi dengan masa studi maksimal 1 tahun. Untuk skema Pelaksanaannya memiliki durasi magang selama 3-6 bulan. Peserta magang mendapatkan tunjangan bulanan dari pemerintah. Penempatan magang disesuaikan dengan bidang studi dan minat peserta.

Manfaat bagi Peserta, mendapatkan pengalaman kerja nyata di dunia industri atau instansi pemerintah, Meningkatkan soft skills dan hard skills yang dibutuhkan di dunia kerja. Membangun networking dan relasi dengan berbagai perusahaan/lembaga. Berpeluang untuk direkrut oleh perusahaan tempat magang. Program MSIB merupakan inisiatif pemerintah dalam rangka mempersiapkan angkatan kerja muda yang kompetitif dan siap menghadapi tantangan di era industri 4.0.

Program ini telah menjadi salah satu program unggulan dalam upaya meningkatkan employability lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Secara keseluruhan, program MSIB merupakan upaya strategis pemerintah untuk meningkatkan kesiapan kerja dan kompetensi angkatan kerja muda Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang dalam mengurangi pengangguran terbuka di kalangan lulusan perguruan tinggi.

© Ilmu Administrasi Negara Internasional UNISRI