VMTS AN

Program studi Administrasi Negara didirikan berdasarkan SK Nomor 199/22/1980 Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, tanggal 24 Oktober 1980.

Visi dan Misi

Visi

“Terdepan dalam Pengembangan Ilmu dan Profesi Administrasi negara”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu administrasi yang terfokus pada manajemen publik guna menghasilkan tenaga publik yang bermoral, memiliki sikap akademik dan profesional, keunggulan kompetitif. Memiliki kemampuan kepemimpinan, kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan beradaptasi yang memadai.
  2. Melaksakana penelitian yang menghasilkan karya ilmiah dalam bidang ilmu administrasi guna mengembangkan berbagai alternatif solusi yang paling menguntungkan secara politik, ekonomi dan administrasi yang relevan dengan pengembangan wilayah berwawasan ekologi manusia.
  3. Menyebarluaskan penelitian melalui publikasi dan penerapan teknologi inovatif guna mendukung usaha penguatan institusi lokal dalam rangka percepatan pembangunan yang relevan dengan pembangunan wilayah berbasis ekologi manusia.
  4. Mendorong revitalisasi organisasi profesi administrasi publik dalam rangka peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sasaran dan Tujuan

Sasaran dan Tujuan bidang pendidikan dan pengajaran Program Studi Ilmu Administasi Negara (AN) adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut.

  1. Peduli terhadap masalah-masalah publik serta menjunjung tinggi nilai-nilai etik.
  2. Memiliki integritas dan komitmen yang tinggi terhadap profesi yang ditekuni.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri, mengembangkan kerja sama, dan membina kemitraan dengan berbagai kalangan pada profesinya.
  4. Bersikap terbuka dan menghargai perbedaan-perbedaan yang mendorong munculnya pemikiran-pemikiran inovatif dalam proses administrasi.
  5. Mampu menerapkan ilmu addministrasi negara untuk mendukung keberhasilan kegiatan dan pekerjaan pada profesinya.

Profil Lulusan

  1. Administrator publik atau manajer tingkat pertama pada instansi pemerintah atau organisasi nirlaba lainnya.
  2. Birokrat pada tingkat operasional yang mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelesaian tugas dan masalah.
  3. Analis kebijakan yang mampu memberi masukan dalam pembuatan keputusan strategis.
  4. Pengelola kegiatan lapangan di sektor publik yang sadar dengan nilai-nilai publik.

Rumusan Capaian Pembelajaran

Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Menginarlisasi nilai, norma dan etika akademik
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab kepada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisional orang lain.
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  7. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  8. Taat hukum dan disiplin dalan kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya dibidang keahliaannya secara mandiri.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menuasai konsep teoritis dasar administrasi publik, yang meliputi organisasi dan manajemen sektor publik, kebijakan publik, pelayanan publik, etika dan integritas.
  2. Menguasai kaidah dan prinsip-prinsip reformasi administrasi dan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik.
  3. Menguasai dimensi-dimensi dalam administrasi publik seperti : sumber daya manusia sektor publik, keuangan negara dan teknologi.
  4. Menguasai metode penelitian baik pada lingkup kualitatif dan kuantitatif seperti : survey, studi kasus, studi, studi dokumen, dan penelitian kebijakan.
  5. Mampu mengidentifikasi masalah disektor publik berdasarkan teori-teori dalam administrasi publik.
  6. Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebijakan publik, organisasi dan manajemen publik dan pelayanan publik dalam rangka penyelesaian masalah publik.
  7. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang administrasi publik.

Ketrampilan Umum

  1. Menerapkan ketrampilan logis, kritis, sistematis dan inovatf dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi dan gagasan.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengumggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik dalam maupun diluar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan menyimpan dan mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Ketrampilan Khusus

Mampu melaksanakan dan meningkatkan manajemendan edukasi pelayanan publik baik di tingkat lokal maupunnasional yang berpusat pada kepentingan publik, yang mencakup kemampuan:

  • KK1a: mengindentifikasi kepentingan publik dalam siklus kebijakan publik, baik di tingkat lokal maupun nasional
  • KK1b: mengorganisasikan (merencanakan, menyusun anggaran, mengalokasikan sumber daya, melaksanakan, dan evaluasi) kegiatan dalam rangka implementasi kebijakan publik dan peningkatan kinerja pelayanan publik
  • KK1c: mengusulkan ide/gagasan reformasi kebijakan dan manajemen pelayanan publik.
  • KK1d: menganalisis risiko dan melaksanakan program mitigasi risiko terhadap implementasi kebijakan
  • KK1e: melakukan edukasi pada masyarakat tentang keutamaan kepentingan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • KK2: Mampu menganalisis interaksi antar aktor dalam governansi publik seperti dalam penyusunan kebijakan dan manajemen pelayanan publik, baik di tingkat lokal maupun nasional, dalam aspek sosial, ekonomi, budaya, politik, dan hankam dengan pendekatan ekonomi politik.
  • KK3: Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebijakan publik dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode kuantitatif (a.l. cost benefit analysis, analytical hierarchy process) dan metode kualitatif (a.l. participatory impact analysis, studi kasus) dalam seluruh siklus kebijakan (formulasi, implementasi, dan evaluasi)
  • KK4: Mampu melakukan sosialisasi produk kebijakan dan mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kebijakan publik minimal dengan menggunakan media sosial

© Ilmu Administrasi Negara Internasional UNISRI