Giat Fotografi dengan Protokol Kesehatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP

Mahasiswa semester 1 tahun ajaran 2020-2021, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan Giat Fotografi dengan protokol kesehatan di Taman Balekambang, Sabtu 9 Januari 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill, pengetahuan dan potensi mahasiswa UNISRI dalam dunia fotografi. Giat Fotografi ini mengusung tema model, dengan konsep casual.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberlakukan protokol kesehatan; menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Sebelum mengikuti acara peserta dicek suhu tubuh maksimal 37°, dalam keadaan sehat, memakai masker, dan mencuci tangan terlebih dahulu. Pada saat praktek, peserta diwajibkan jaga jarak, baik dengan model maupun dengan peserta lainnya.

Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi UNISRI, Haryo Kusumo Aji, M.I.Kom., menjelaskan bahwa “tradisi acara Giat Fotografi ini menjadi ajang praktek bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI dalam bidang fotografi. Meskipun diadakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, tetapi tidak mengurangi esensi dari kegiatan itu sendiri. Harapannya agar mahasiswa dapat menerapkan teori yang sudah dipelajari di kampus dengan menghasilkan karya foto yang baik dan dapat dinikmati khalayak”.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Fotografi, Fanny Hendro menambahkan “Giat fotografi ini berguna untuk melatih kepercayaan diri mahasiswa kaitannya menghadapi dan mengarahkan objek (model) secara langsung. Selain itu, giat fotografi juga melatih mahasiswa berorganisasi, bekerja secara team dalam membuat dan mengelola event giat fotografi, mulai dari menentukan tema, mencari tempat, model dan mengelola peserta”.

Menurut ketua panitia kegiatan, mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester 1, UNISRI, Agilio Okto Viasta “Giat Fotografi ini merupakan suatu acara dimana didalamnya kita dapat belajar berorganisasi, mengasah skill dan menunjukkan kemampuan dalam bidang fotografi. Dengan mengusung tema casual, memudahkan para peserta Giat Fotografi dalam menunjukkan skill dan kreatifitasnya dalam bentuk seni fotografi. Diharapkan mahasiswa paham dan mengerti akan fotografi, diantaranya teknik memotret, mensetting kamera, cara mengarahkan model dsb.”

Leave a Comment