Giat Fotografi, Ilmu Komunikasi UNISRI 2021

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester 1 Tahun 2021, mengadakan Giat Fotografi pada tanggal 4 dan 5 Desember 2021 di Jurug Solo Zoo, Kota Surakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan mahasiswa dalam dunia Fotografi. Mahasiswa juga mempraktekkan materi yang telah diajarkan selama perkuliahan. Giat fotografi ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan; dilaksanakan di ruang terbuka, memakai masker, dan para mahasiswa yang ikut serta sudah mendapatkan vaksinasi covid-19. 

Dosen mata kuliah fotografi, Muadz menjelaskan; Giat Fotografi ini menambah pengalaman dan sebagai ajang praktek mahasiswa dalam memotret model secara langsung. Selain itu, kegiatan ini juga melatih mahasiswa untuk menyelenggarakan event fotografi.

Ketua panitia kegiatan, Dafa Putra Yudiansyah, menambahkan Giat Fotografi tahun ini mengusung tema elegan, bertujuan meningkatkan skill para peserta dalam bidang fotografi. Diharapkan mahasiswa paham dan mengerti tentang fotografi model, diantaranya teknik memotret, setting kamera dan cara mengarahkan model. Maka dari itu para peserta dituntut untuk percaya diri dalam mengarahkan model agar hasil foto terlihat bagus.

Giat Fotografi ini terlaksana berkat kerjasama Prodi Ilmu Komunikasi UNISRI dan Jurug Solo Zoo. Manajer pemasaran Jurug Solo Zoo, Nonot Harwanto mengucapkan attensinya dari Prodi Ilmu Komunikasi UNISRI, yang telah menjadikan Jurug Solo Zoo sebagai tempat menuangkan program kreativitas dan bakat mahasiswa dalam kegiatan yang bertajuk Giat Fotografi. Mengingat Jurug Solo Zoo ini adalah tempat konservasi, edukasi, dan rekreasi. Kedepan, diharapkan dapat sering terjalin kerjasama antara UNISRI dan Jurug Solo Zoo baik dalam bidang penelitian atau program bakat dan kreativitas mahasiswa. 

Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UNISRI, Haryo Kusumo Aji mengatakan bahwa; dapat menyelenggarakan kegiatan Giat Fotografi dengan lancar di tengah pandemi merupakan suatu berkah tersendiri, karena mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktek langsung di lapangan. Mungkin semua mahasiswa bisa memotret menggunakan smartphone, namun tidak semua bisa mengerti teknik fotografi yang baik, apalagi menggunakan kamera DSLR. Harapan saya melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan mahasiswa pada seni dan ilmu fotografi dalam berbagai aspek, sehingga memiliki bekal yang cukup untuk terjun di dunia kerja.

Leave a Comment