HIMADI UNISRI Surakarta menyelenggarakan Call Of Paper dan Webinar Nasional Slamet Riyadi Conference On Public Administrastion (SRIPA ) 2021

Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta telah sukses mengelenggarakan kegiatan Slamet Riyadi Conference On Public Administration (SRIPA) 2021. Kegiatan ini telah di laksanakan ke 3 kalinya dulu pada tahun 2018, 2020 dan kini pada 2021. SRIPA tahun ini mengangkat tema “Reformasi Kebijakan Publik di Masa Pandemi Covid 19”. Rangkaian kegiatan SRIPA 2021 meliputi call of paper berupa lomba karya tulis ilmiah dan webinar nasional. Rois Al Afif Al Hafidz selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan SRIPA dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif dan apresiasi ide-ide kritis yang dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah sebagai wujud responsif di masa pandemi covid 19. Output pemikiran tersebut nantinya diharapkan sebagai kontribusi bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kegiatan call of paper dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Mei 2021. Partisipan call of paper terdiri dari 6 tim kategori dosen dan umum serta 3 tim kategori mahasiswa. Tim yang meraih best paper kategori dosen atau umum adalah Bapak Bambang Agus Diana dan Bapak Benny Sigiro dari Universitas Terbuka dengan karya tulis ilmiah berjudul “ Optimalisasi E-Government dalam Pelayanan Publik di Era Pandemi Covid 19”. Best paper kategori mahasiswa di raih oleh tim Muhammad Rofi’ud Muta’al dan Aprilia Setyowati dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan karya ilmiah berjudul “Strategi Collaborative Governance pada Pembangunan Daerah dalam Rangka Resiliensi di Masa Pandemi Covid 19”.  

Puncak kegiatan SRIPA 2021 yaitu Webinar Nasional yang dilaksanakan pada Sabtu, 29 Mei 2021 pukul 13.00 s/d 16.00 WIB melalui media zoom meeting. Bapak Drs. Joko Suranto, M.Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Nrgara FISIP UNISRI Surakarta memberikan sambutan pada Webinar Nasional SRIPA 2021, kemudian kegiatan buka secara langsung oleh Prof. Dr. Ir. Sutardi, M.App.Sc selaku Rektor Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Webinar Nasional SRIPA 2021 menghadirkan 3 narasumber berkompeten yaitu Muhammad Rofi’ud Muta’al selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UNISRI sekaligus Mahasiswa Berprestasi UNISRI Surakarta tahun 2021, Dr. Winarti, M.Si akademisi kebijakan publik Universitas Slamet Riyadi Surakarta dan Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP Gubernur Provinsi Jawa Tengah yang berhalangan hadir kemudian di wakilkan oleh Bapak Dr. Yulianto Prabowo, M.Kes. selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Webinar Nasional SRIPA 2021 di sambut antusias partisipan sejumlah 190 orang dari kalangan masyarakat umum, mahasiswa dan akademisi.

Webinar nasional SRIPA 2021 membahas pentingnya esensi peran aktif seluruh komponen bangsa baik dari masyarakat, pihak swasta dan pemerintah saling bersinergi mensukseskan kebijakan dalam penanganan pandemi covid 19 seperti program vaksinasi, strategi pemulihan ekonomi, sikap adaptif untuk cepat merespon perubahan secara komprehensif serta berkesinambungan. Pandemi covid 19 telah memberikan implikasi multidimensional pada landing sektor kehidupan. Pemerintah selaku pihak yang menentukan arah kebijakan harus melakukan reformasi birokrasi pada aspek mental aparatur, organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, monitoring pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik dan inovasi yang disruptif. Reformasi birokrasi harus dilakukan dengan murni dan konsekuen. Kebijakan di masa pandemi covid 19 pada kondisi tidak pasti harus menyesuaikan realitas di masyarakat. Pasti akan ada pro kontra dalam setiap kebijakan maka langkah preventif yang dapat dilakukan dengan melalui pendekatan terhadap masyarakat baik sosialisasi dengan media online, melakukan evaluasi dan monitoring apakah kebijakan telah dapat tepat sasaran seperti tujuan yang diharapkan. Kegiatan SRIPA 2021 telah berjalan dengan sukses, diharapkan dapat menjadi agenda tahunan HIMADI UNISRI Surakarta yang memberikan khasanah manfaat ekstensif dan lebih baik lagi kedepannya.

Leave a Comment