HIMAKOM Mengadakan Webinar Dengan Tema “Take Depression With Positive Communication”

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi mengadakan kegiatan Webinar yang disiarkan secara online melalui aplikasi Zoom pada Sabtu, 8 Mei 2021. Webinar ini mengusung tema kesehatan mental yaitu “Take Depression With Positive Communication”. Kegiatan bermanfaat ini dilaksanakan di Laboratorium Komunikasi yang menghadirkan Christina Irnawati , S.Psi., M.Psi (Psikolog Klinis dan Founder Yayasan Hayu Sedha Mirah), Fikriana Mahar Rizqi, S.I.Kom, M. A (Dosen Ilmu Komunikasi) dan Nur Eko Riyadi (Mahasiswa Ilmu Komunikasi) sebagai narasumber.

Seminar ini berlangsung selama 2 jam melalui platform zoom dan diikuti oleh 372 perserta yang tersebar dari berbagai kalangan dan daerah,bahkan terdapat peserta yang berasal dari provinsi Aceh maupun Perguruan Tinggi yang berada diluar Jawa. Diadakannya seminar ini bertujuan untuk memberi pengetahuan terkait kesehatan mental yang sangat penting untuk semua kalangan, apalagi generasi muda saat ini dan menyadari bahwa kesehatan mental bukan hal yang dapat disepelekan.

Dimulai dengan beberapa sambutan dari Dra.Nurnawati Hindra H, M.Si (Ketua Prodi Ilmu Komunikasi), Jonathan Caniggia Leonard T. (Ketua pelaksa webinar) dan Kezia Sarfat Deby (Perwakilan HIMAKOM) dilanjutkan dengan perkenalkan narasumber dan dimulainya diskusi tentang kesehatan mental termasuk sharing pengalaman dari mahasiswa Ilmu Komunikasi yang di tanggapi langsung oleh para narasumber.

Christina Irnawati selaku narasumber menyatakan bahwa kesehatan jiwa merupakan hal yang terjadi tergantung dengan suasana hati diri kita sendiri, tetap lakukan yang terbaik dan teruslah berpikir dan berkata positif pada setiap perkataan kita. Ucap psikolog dan juga pendiri Yayasan Hayu Sedha Mirah tersebut.

Komunikasi interpersonal dan antar personal yang dialami setiap orang sangatlah penting untuk berinteraksi dengan lawan bicara kita, jika kita ingin menjadi seorang pendengar yang baik jadilah seorang komunikan yang mampu memahami apa yang disampaikan oleh komunikatornya. Hal ini merupakan hal yang penting karena komunikasi adalah kunci bagi kita untuk keluar dari masalah depresi yang mempengaruhi kesehatan mental yang kita alami. Imbuh Fikriana selaku Dosen Komunikasi FISIP UNISRI.

Setelah itu dilakukan sesi tanya jawab serta berdiskusi berdasarkan tema acara yaitu “Kesehatan Mental” yang mendapatkan antusiasme para perserta. Selain itu webinar kali ini dimeriahkan dengan adanya hadiah untuk peserta yang bertanya dan menjawab kuis yang diberikan.
Dengan tema yang diangkat ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang perduli dan tidak menyepelekan kesehatan mental karena itu adalah hal yang sangat penting.

Leave a Comment