Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Ilmu Komunikasi di Kelurahan Sriwedari

Selasa, (16/3/2021). Program Studi Ilmu Komunikasi dan Magister Administrasi Publik Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Sriwedari Surakarta. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Acara yang diadakan di Pendopo Kelurahan Sriwedari ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Drs. Buddy Riyanto, M.Si., dalam sambutannya, “Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini karena ada permintaan dari Kelurahan Sriwedari untuk memberikan pelatihan kepada Pemuda Karang Taruna dan Forum Anak Kelurahan Sriwedari, tahun sebelumnya, kami juga memberikan pelatihan tentang fotografi dan Jurnalisme Warga”. Lurah Sriwedari, Katarina Kartika Panca, S.E., M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa “kegiatan pemuda di Kelurahan Sriwedari aktif, sehingga harapannya para pemuda dapat menginformasikan kepada publik terkait dengan kegiatan yang mereka lakukan”.

Acara pengabdian ini terdiri dari 2 materi. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Dian Esti Nurati yang menyampaikan tentang peranan pemuda dalam program Jogo Tonggo dimasa pendemi covid-19. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Muadz, M.A., yang membawakan pelatihan tentang media relations dan penulisan press release. Dalam paparannya, Muadz mengatakan bahwa “Kelurahan Sriwedari mempunyai daya tarik lokasi untuk berkegiatan bagi warga, tidak hanya warga Kelurahan Sriwedari, warga Kota Surakarta, tetapi juga dari luar Kota Surakarta. Dari penjelasan Ibu Lurah tadi, kegiatan pemuda di Kelurahan Sriwedari aktif, dengan adanya pelatihan ini, para peserta sudah punya bekal pelatihan menulis press release untuk menginformasikan kegiatan organiasi mereka kepada khalayak”. Pelatihan penulisan press release, diawali dengan pemberian materi, kemudian para peserta membuat press release sesuai dengan soal yang telah diberikan.

Leave a Comment