Prodi Ilmu Komunikasi – FISIP UNISRI Mengadakan Pelatihan Public Speaking dan Videografi pada Webinar Virtual

Solo – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan “Pelatihan Public Speaking dan Videografi dalam Webinar Virtual di Siswa SMK Jurusan Multimedia pada Selasa (4/5). Pelatihan ini digelar secara virtual melalui zoom dengan peserta dari siswa SMK Kristen 1 Surakarta jurusan Multimedia, dengan narasumber Haryo Kusumo Aji, S.I.Kom., M.I.Kom dan Sihabuddin, S.I.Kom., M.I.Kom serta dimoderatori oleh Soleh Wahyu Utomo.

Dalam pemaparannya, Sihabuddin menjelaskan tentang materi Virtual Public Speaking, yang sedikit berbeda dengan public speaking secara umum. “Saat kita berbicara dalam ruang virtual, kita harus memperhatikan banyak unsur seperti pilihan kata, intonasi, volume, raut wajah, bahasa tubuh dan lain sebagainya,” ujarnya.

Haryo selaku narasumber dan sekaligus sebagai sekretaris program studi ilmu komunikasi UNISRI memaparkan materi tentang videografi dalam webinar virtual. Haryo menjelaskan tentang hal apa saja yang penting dalam sebuah produksi webinar, yaitu saat pra produksi harus mempertimbangkan personil, alat, media, jaringan dan lokasi, kemudian saar produksi harus memperhatikan framing, komposisi, tata cahaya dan suara, barulah saat pasca produksi perlu diperhatikan tentang recording, streaming dan editing.

Lanjut ia menambahkan, “Dalam situasi pandemi ini, membuat webinar merupakan hal normal baru ke depan, dan kita sebagai lulusan multimedia nantinya harus siap untuk memproduksi webinar secara baik.”

Dalam acara ini pun dihadiri oleh guru multimedia yang mewakili SMK Kristen 1 Surakarta, Sri Mulyani, S.Kom yang mengapresiasi adanya pelatihan seperti ini. “Saya harap bentuk kerjasama antara UNISRI dan SMK ini bisa berlanjut ke depannya dan bisa mengadakan pelatihan secara langsung,” tambahnya. (*)

Leave a Comment