Studi Banding Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Desa Wisata Ngidam Muncar, Kab. Semarang

Telah dilaksanakan kegiataan studi banding pada Kamis, 16 Desember 2021 di desa wisata Ngidam Muncar yang terletak di kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Kegiataan ini merupakan bagian dari mata kuliah wajib Komunikasi Pemasaran, yang diikuti oleh mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Studi banding ini dilakukan agar mahasiswa mendapat pengetahuan serta wawasan mengenai pengelolaan sebuah wisata yang memanfaatkan sumber daya alam sebagai destinasi wisata yang memiliki banyak peluang serta pesona keindahan asri. Dalam kegiatan ini dihadiri mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 5 dan 7 sebanyak 142 orang, dan 3 dosen yaitu Wakil dekan FISIP Dr.Dra.Herning Suryo Sadjono, M.Si, ketua Prodi Ilmu Komunikasi Dra.Nurnawati Hindra Hastuti, M.Si, Sekertaris Prodi Haryo Kusumo Aji, S.I.Kom, M.Ikom.

Dr.Dra.Herning Suryo Sadjono dalam sambutannya ia menyampaikan kenapa studi banding ini dilakukan di tempat Desa wisata bukan di tempat Perusahaan yang sudah besar, karena mahasiswa diharapkan belajar dari tempat wisata yang memulai dari nol dengan swadaya dan SDM yang ada. Selain itu wisata ini juga mampu bertahan ddengan gerusan zaman dan tangguh di zaman yang sedang dilanda pandemi Covid-19.

Dalam acara studi banding dipaparkan mengenai sejarah Desa Wisata Ngidam Muncar sebelum menjadi desa wisata yang disampaikan oleh M. Khoirudin Bagas selaku kepala Desa Muncar serta pembicara saat pemaparan materi.

M. Khoirudin Bagas selaku kepala Desa Muncar serta pembicara pada akhir acara memberikan pesan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi agar tetap mencintai Desa serta alam yang ditinggali karena dizaman saat ini sudah banyak yang melupakan hal tersebut, maka diharapkan mahasiwa Ilmu Komunikasi Uinversitas Slamet Riyadi dapat menjadi penerus bangsa yang baik serta tetap peduli dengan Desa, Alam dan Budaya yang ada.

Leave a Comment