Tim PKM Pengabdian FISIP UNISRI Memberikan Bantuan Bibit Lele Kepada Warga

Tim pengabdian masyarakat fisip unisri baru saja menyelesaikan program kreativitas mahasiswa yang merupakan lanjutan dari program pertama pada hari Minggu, 04 Juli 2021 didusun gondang manis jumantoro dengan memberikan bantuan bibit lele kepada warga.

Program ini dilanjutkan dengan cara melakukan silahturahmi kembali kepada warga dan mendengarkan beberapa keluhan warga terkait dengan budidaya yang sudah mereka jalankan. Banyak yang berhasil dan ada pula yang gagal dikarenakan perawatan yang kurang baik.

“lele saya kemarin tidak mau memakan pellet yang saya berikan malah semakin hari banyak yang mati sehingga jumlahnya berkurang banyak dan saya rugi.” ucap Bardi warga dusun gondang manis yang mengalami kegagalan dalam budidaya lele.

Berangkat dari permasalahan yang ada, tim PKM Pengabdian FISIP ini melakukan pendekatan kembali dan bimbingan langsung kepada warga hingga pada akhirnya memutuskan untuk memberikan beberapa warga bibit lele. Warga yang mendapatkan bantuan merupakan mereka yang mengalami kerugian akibat salah perawatan, kurangnya manajemen keuangan dan lain-lain. Terdapat 5 warga yaitu, Suminah, Bardi, Yanti, Riyadi dan Sukino.

Pada saat penyerahannya warga sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim pengabdian FISIP UNISRI karena masih memperdulikan kelompok budidaya lele dusun gondang manis hingga memberikan bantuan bibit lele kepada warga.”saya selaku warga setempat  mengucapkan banyak terima kasih atas apa yang sudah diberikan kepada kami, perhatian, pendampingan dan bantuan bibit yang diberikan akan kami manfaatkan dengan baik.” Ungkap Suminah selaku perwakilan warga yang menerima bibit lele dirumahnya.

Selanjutnya tim pengabdian akan terus menerus melihat dan membantu warga untuk dapat merawat lele dengan baik sehingga mampu terwujud apa yang sdah dicta-citakan bersama yaitu menjadikan dusun gondang manis sebagai sentra budidaya lele yang ada dikabupaten karanganyar. Nantinya para warga juga akan dibimbing untuk melakukan pendampingan kembali kepada warga yang belum memiliki kolam.

Leave a Comment