Webinar Nasional “Penguatan Nilai Demokrasi Generasi Z melalui Media Online”

Prodi HI Unisri mengadakan kegiatan webinar dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Webinar yang mengusung tema “Penguatan Nilai Demokrasi Generasi Z melalui Media Online” ini dilangsungkan pada hari Rabu, 7 April 2021 secara daring.

Kegiatan tersebut secara khusus menyasar para generasi Z yang dianggap sebagai modal penting bagi kemajuan bangsa. Generasi Z adalah tunas tunas yang nantinya akan tumbuh menjadi para pemimpin dan penggerak roda kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memberikan bekal wawasan yang memadai terkait nilai demokrasi yang merupakan ruh dari politik Indonesia. Hadir sebagai Democratic and Human Rights Expert di sini adalah Pembicara Satria Rizaldi Alchatib, M.A. Dosen Prodi HI Universitas Slamet Riyadi, yang telah banyak berkecimpung dalam kegiatan forum politik dan demokrasi di tingkat nasional maupun internasional. Ia membuka wawasan tentang partisipasi politik sebagai perwujudan demokrasi kepada sekitar 120an peserta Webinar.

Tak hanya itu, generasi yang dikenal sebagai native digital ini juga mendapat bekal mengenai pemanfaatan media online secara bijak dalam berbagai kepentingan, terutama kepentingan positif untuk mendukung kemajuan bangsa dan negara. Dalam kesempatan tersebut, hadir Andika Drajat Murdani, M.A sebagai founder portal-ilmu.com, situs Web edukasi yang senantiasa berbagi hal positif dan edukatif kepada para pembacanya. Ia menguraikan terkait dinamika media online yang begitu menantang. Ada peluang besar yang bisa diraih Internet generation ini. Tapi di sisi lain, ada juga tantangan besar terkait penyimpanan informasi dan potensi indoktrinasi dan intoleransi. Oleh karena itu, para peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia ini pun diajak untuk memperkuat daya kritis dan logika dasarnya.

Program pengabdian ini menjadi wujud kepedulian prodi HI Unisri kepada generasi Z seluruh Indonesia yang saat ini tengah menghadapi tantangan dunia digital yang bias.

Leave a Comment