Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pentingnya Peran Generasi Muda Indonesia dalam Sektor Pertanian Kakao

Surakarta (10/4/2021), kegiatan webinar pengabdian masyarakat ini diselenggarakan oleh Prodi HI UNISRI dengan mengambil tema “Penguatan Peran Generasi Milenial dalam Sektor Pertanian Kakao untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals.” Webinar tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 melalui Zoom Meeting, dengan jumlah peserta yang telah mendaftar melalui google forms sebanyak 108 peserta. Webinar pengabdian masyarakat HI UNISRI kali ini menghadirkan narasumber yang epik dan menarik.

Narasumber pertama ialah Wednes Aria Yuda (Co-Founder) dari PT. nDalem Value Creation Indonesia. Sejak tahun 2013, ia bersama istrinya, Meika Hazim (Founder) Coklat nDalem, telah merintis bisnis di bidang olahan coklat. Setelah melalui proses panjang dan pencarian ide bisnis melalui twitter dengan menggunakan kosakata pencarian “oleh-oleh Jogja”, akhirnya tercetuslah bisnis olahan coklat ini. Outlet Coklat nDalem berlokasi di Jl. Bhayangkara No. 23, Yogyakarta. Sedangkan, narasumber kedua adalah Dosen HI UNISRI yaitu Untari Narulita MD, yang ingin mengajak para pelajar SMA di Kota Surakarta dan mahasiswa HI UNISRI untuk melihat peluang sebagai generasi muda Indonesia baik itu generasi milenial maupun iGeneration atau generasi Z dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 dalam sektor pertanian kakao di Indonesia.

Mengusung tema sektor pertanian kakao, tim pengabdian kepada masyarakat HI UNISRI ingin memberikan gambaran bahwa sektor pertanian kakao merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia. Tahun 2017, Indonesia masuk negara terbesar ke-3 sebagai negara produsen biji kakao di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Meskipun pada tahun 2019, menurut ICCO (International Cocoa Organization), Indonesia harus turun peringkat sebagai negara terbesar keenam di dunia sebagai produsen kakao.

Penurunan peran generasi muda Indonesia dalam sektor pertanian juga salah satu permasalahan yang terjadi saat ini. Sektor pertanian yang dianggap tidak menjanjikan di masa depan, justru mengalami peningkatan pada kuartal II sebesar 2,20 persen dibandingkan sektor lainnya disaat pandemi Covid-19 ini. Selain itu, pesan yang ingin disampaikan kepada generasi muda Indonesia dalam webinar kali ini adalah upaya kita bersama untuk mewujudkan agenda pembangunan global/ Sustainable Development Goals. Salah satu tujuan dari pembangunan berkelanjutan 2030 adalah mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, dan nutrisi yang lebih baik serta mendukung pertanian yang berkelanjutan. (UN)

Leave a Comment