Webinar Prodi Ilmu Komunikasi – Sistem Politik Indonesia “Upaya-upaya Partai Politik dalam Pemenangan Pemilu”

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP unisri Surakarta telah mengadakan webinar untuk mata kuliah sistem politik Indonesia. Pada hari Selasa tanggal 23 November 20 21. Webinar kali ini diselenggarakan melalui media daring MS teams. Dosen pembimbing mata kuliah SPI adalah Dra. Christy Damayanti, M.Si dan Wirid Winduro, S.Si, M.Si.

Adapun pembicara webinar adalah Bapak Drs. Gandung Joko Suryono, S.H, M.H, seorang praktisi politik yang telah memiliki pengalaman di kepartaian dan lembaga legislatif. Yang menjadi Host dan sekaligus moderator adalah Wirid Winduro, S.Si, M.Si.

Tujuan dari webinar ini adalah agar memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang kepartaian melalui sharing pengalaman dari praktisi.

Tema yang diusung dalam webinar ini adalah Upaya Partai Politik dalam Pemenangan Pemilihan Umum.

Bagi sebuah partai politik Salah satu bentuk peningkatan peran politik adalah meningkatkan dan membangun demokrasi sebagai implementasinya maka partai mengajak anggota serta masyarakat berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Prinsip Partai Golkar dalam membangun demokrasi adalah ah dengan cara menghimpun persamaan sikap politik dan kehendak untuk mencapai cita-cita dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur Sejahtera, material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Cara yang ditempuh melalui pendidikan politik yaitu sebuah proses pembelajaran dan dan pemahaman tentang hak kewajiban dan tanggung jawab warga negara dan bernegara khususnya pembelajaran melalui partai. Tujuannya adalah ah agar masyarakat dapat teredukasi serta berpartisipasi dalam pemilu 20 24 menjadi meningkat. Khusus di tubuh Partai Golkar implementasi pendidikan politik mulai dari elite hingga kesrut dilakukan agar menghasilkan pemimpin-pemimpin yang yang berdaya saing, berintegritas, memiliki etos kerja yang tinggi serta berwawasan global dan inovatif terhadap ilmu pengetahuan. Para pemimpin akan mampu merumuskan merencanakan menganalisis dan mengimplementasikan kebijakan publik di lembaga pemerintah sesuai dengan perkembangan Iptek.

Upaya peningkatan partisipasi masyarakat di bidang politik antara lain melalui sosialisasi politik, meminimalisir dan manajemen konflik, penyerapan aspirasi dan kaderisasi.

Dari studi kasus Partai Golkar disampaikan bahwa Partai Golkar memiliki target kemenangan terintegrasi 3 in 1, yaitu kemenangan Pilpres 2024, kemenangan pileg 2024 dan dan kemenangan Pilkada. Strategi yang digunakan adalah menggerakkan mesin partai berjalan maksimal melalui elemen-elemennya, yaitu menampilkan figur figur Sentral, mengangkat isu program dan pembentukan opini masyarakat dan dan yang terakhir adalah pembentukan dan penguatan jaringan. Cari pengalaman kepartaian menunjukkan bahwa partai-partai yang mampu mengangkat figur figur Sentral untuk menjadi calon presiden akan mampu Mendulang suara pemilih secara maksimal. Isu-isu strategis yang diangkat untuk pemenangan Pemilu 2024 antara lain adalah isu kesehatan dan isu pemulihan nasional akibat pandemi covid 19. Diharapkan dari isu tersebut menarik perhatian masyarakat untuk berkontribusi. Secara kelembagaan partai membentuk dan menguatkan jaringan baik secara internal maupun eksternal.

Di bagian akhir, pada sesi tanya jawab, antusiasme peserta cukup baik terutama mahasiswa dengan memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Hadir secara daring dalam Webinar antara lain adalah Kaprodi Ilmu Komunikasi (Dra. Nurnawati Hindra Hastuti, M.Si, dosen SPI dan mahasiswa semester 1 Prodi Ikom sebanyak 178.

Leave a Comment